Ada Waktu


Apa yang sedang kau alami wahai jiwaku
Apa yang sedang kau rencanakan wahai batinku
Mengapa kau begitu senang berlari-lari
Tidakkah kau lelah dan menginginkan kedamaian?

Tiba-tiba aku teringat seorang bijak pernah berkata bahwa
Kedamaian tidak mungkin ada tanpa perang
Tapi, janganlah kau berperang saja
Aku sudah lelah

Tapi, aku tahu kau tidak akan mengizinkanku mengatakan hal itu
Karena aku tahu kalau aku sebenarnya tidak lelah
Aku masih punya banyak energi
Mungkin aku hanya malas saja
Kau membenci kemalasan yang kupelihara tanpa sadar
Tapi, kemalasan memang menyediakan kedamaian
Walau kedamaian itu semu

Aku berpikir aku bisa mengendalikan gerakmu
Tapi aku salah, kau tidak ingin dikekang
Kau ingin mengalir, bergerak dengan bebas
Kau menciptakan pola dalam ketidakteraturanmu
Iya, aku berpikir kau hanya sedang bermain-main
Mencari kesenangan sesaat

Tapi tidak, kau sedang menciptakan pola dalam kebebasanmu
Berharap aku akan mengerti dan mengikuti alurmu
Ah, kau jangan menganggapku hebat
Karena aku tidak sehebat yang kau kira
Aku bodoh

Sedang kucoba mengumpulkan pola-pola yang sedang kau tunjukkan
Terkadang kau membuatku berpikir terlalu keras
Anehnya, tidak jarang kau menyuruhku untuk tidur saja
Ternyata kau menghantuiku

Aku coba mengumpulkannya lagi
Lewat mimpi yang kau berikan, aku berharap bisa mengerti
Tapi ternyata tidak akan mudah bagiku karena kau lebih dari yang kubayangkan
Karena kau bebas, kau tidak diatur, kau tidak dikekang
Sehingga pola yang kau sisakan terkadang acak
Tidak jarang aku harus memulai dari awal lagi
Aku capek, tapi anehnya aku selalu punya alasan untuk melakukannya lagi

Kau tidak sedang mengajariku menjadi juru kunci
Kau juga tidak mengajariku untuk menjadi juru ramal
Kau hanya menginginkanku untuk menjadi bijak
Mengerti bahasamu, dan mengikuti alur tanpa bertanya kemana sungai itu akan berakhir
Ah, bukankah penasaran ini yang membuatku berhenti
Terkadang menyerah bukan pada waktunya untuk menyerah

Bagaimana pendapatmu soal waktu? Benarkah waktu akan menjawab setiap persoalan yang belum terjawab sampai saat ini? Sehingga tidak jarang manusia menyerah begitu saja dan menyerahkan penyelesaian masalah mereka kepada waktu
Terkadang aku tidak percaya itu. Manusia harus menyelesaikan masalahnya sendiri
Bukan bersembunyi di balik topeng pengecutnya dengan menyerahkannya pada sang waktu

Perlukah manusia mengetahui masa depannya? Aku rasa tidak
Inginku, biarlah masa depan itu datang seperti pencuri
Tidak bisa ditebak kapan dan bagaimana pencuri akan melangsungkan aksinya
Manusia hanya berjaga, tapi tidak jarang korban harus jatuh juga
Dengan begitu manusia yang lain bisa belajar dari pengalaman

Aku tidak tahu apa yang sedang kau rencanakan, yang aku tahu adalah jiwaku sedang bergerak bebas. Jiwaku sedang bergerak tanpa henti dalam alur yang begitu dinamis
Mungkin saat-saat begini perlu. Supaya manusia sadar bahwa tidak ada gunanya mengekang jiwa. Tidak ada gunanya mengekang perasaan, karena mereka bebas. Mereka tidak pernah terikat. Manusialah yang mengikatkan dirinya sendiri kepada perasaan.

Kau pernah berkata ada waktu untuk menanam, ada juga waktu untuk mencabut
Ada waktu untuk memusnahkan, ada juga waktu untuk memelihara
Ada waktu untuk merobek, ada juga waktu untuk menjahitnya kembali
Tapi, kesamaan dari semua itu adalah semua ada waktunya
Waktu yang tepat untuk melakukannya
Waktu yang tepat untuk tidak melakukannya

Dengan pola yang sengaja kau tinggalkan, dan hati manusia yang mengerti
Akan menerima tanda kapan waktunya untuk bersiap-siap
Karena semuanya akan dapat dilakukan dan terjadi, ketika memang waktunya sudah tepat
Ketika semua yang dilibatkan sudah siap

Manusia hanya belajar memahami pola yang kau tinggalkan setiap hari
Kadang dilupakan, tapi banyak manusia memang yang tidak menyadarinya
Juga tidak mengerti, karena hidup manusia sudah terlalu ribut dengan persoalan mereka sendiri

Kau saja yang tidak mau menyerah
Karena kau sudah pernah berjanji
Karena kau tidak akan pernah melanggar janji yang sudah kau pernah katakan
Maka, ini harus tetap terjadi
Sampai pada waktu yang tepat untuk berhenti

Entah kapan
Aku tidak tahu

25 januari 2012
00.35 Wib
M & M

Komentar

Postingan Populer