Pak Guru Aser yang Baik!

Pak Guru Aser! :)

Pertama kali berjumpa dengan beliau di SD YPK (Yayasan Pendidikan Kristen), Distrik Waibu, Sentani Barat, Papua, mata saya sudah menangkap beliau. Tapi, saya belum yakin dengan makna dibalik tatapan tersebut. Mungkin karena tatapan itu sekilas saja.

Perawakannya yang sudah tua atau cenderung lemah membuat saya bertanya-tanya dalam hati, apakah beliau ini guru atau penjaga sekolah atau mantan kepala sekolah? :D

Senyumnya sangat ramah. Tidak ada yang lain. Melihat beliau tersenyum memberikan saya semacam ketenangan. Ada juga kebaikan didalamnya. Kebaikan yang belum mewujud, tapi bisa dirasakan di dalam hati. Akh… Apakah saya sedang berpuisi ini? :D

Begitulah Pak Aser ini. Pensiunan guru yang juga ingin terus mengabdi untuk sekolah dan anak didiknya. Bahkan, anak didiknya saat ini adalah anak dari mantan murid-murid beliau di zaman dulu. Makanya, jangan macam-macam ko (kau) sama Pak Guru Aser ee? :D

Beliau mengaku umurnya baru 27. Heh?? Benar. Seumuran dengan saya. Hahah… umur tipu itu alias palsu. Umur aslinya kebalikan 27 itu. iya betul sekali. Beliau kini sudah 72 tahun. Walaupun fisik beliau menua, tapi semangatnya tetap muda loh! Saya saja kalah!

Dulu, setiap kali berkunjung ke sekolah, saya selalu menemukan beliau sedang melakukan sesuatu. Mulai dari mengocok semen, mengangkat pasir, sedang menyemen lantai perpus, merapikan taman kelas, dan masih banyak lagi. Saya sampai bertanya-tanya “Kapan Pak Aser lelah?”

Saya mendengar cerita dari guru-guru lain dan juga dari beliau sendiri, ketika perpus sekolah masih tahap mengerjakan di awal, beliau sudah di sekolah ketika ayam berkokok di pagi hari. Heh?? Betul kah?? Iya, itu bukan berita bohong.

Tidak berhenti sampai di situ. Beliau juga baru pulang ke rumah sekitar jam 11, bahkan tidur di sekolah juga.

“Jadi kalau pulang lagi ke rumah sama-sama dengan kelelawar,” begitu penjelasan beliau sambil mengunyah pinang kesukaanya.

Pernah juga saya bertanya dan menyarankan beliau supaya pulang dan bisa tidur siang sebentar. Jawabannya membuat saya kaget betul.

“Nanti saja sekalian tidurnya di kuburan,” jawab beliau santai. 

Bapak… Bapak… Tuhan sungguh baik sama Bapak. Bapak juga sungguh baik kepada kami semua. Saya sempat membayangkan ketika Pak Aser bekerja di sekolah di malam hari justru ditemani oleh mahluk halus. Hahah… Mahluk halus pun menaruh hormat kepada beliau ini.

Saya merasa sangat beruntung bisa bertemu sosok seperti Pak Aser ini. Setiap kali mengingat beliau, saya selalu memikirkan tentang kebaikan dan ketulusan. Bekerja dengan sepenuh hati dan tidak pamrih.

Kebaikan yang beliau tularkan tanpa beliau sadari telah membantu saya untuk tidak lupa tentang kebaikan itu sendiri. Saya juga jadi malu kalau malas-malasan atau menunda pekerjaan. Langsung, ingat Pak Guru yang tidak pernah malas untuk mengerjakan segala sesuatu. 

Saya selalu suka mendengarkan komentar beliau tentang sesuatu. Kadang-kadang saya juga mengganggu beliau dengan pertanyaan-pertanyaan konyol yang bagi Pak Guru Aser tidak terlalu penting lagi. Hahaha…. Namanya juga anak muda, suka bertanya tidak jelas. 

Menyaksikan dan merasakan sendiri semangat kebaikan dan ketulusan yang ditularkan oleh beliau membuat saya yakin bahwa untuk segala sesuatu yang baik akan menemukan jalannya untuk hadir.

Ketulusan tidak akan pernah hilang meskipun ditutupi dengan begitu rapat. Pancaran sinarnya akan menembus batas-batas itu dan menyusupi hati dan jiwa yang siap menerimanya.

Terima kasih Pak Guru!
Semoga kebaikan dan ketulusanmu menulari kami semua!


Sentani, 13 Mei 2017
Monik


Komentar

Postingan Populer