Lesson Learned: Seri tentang Pengalaman Saat Bekerja


Banyak sekali yang terjadi di tahun 2020 ini ya? Satu yang pasti, semua orang terpaksa harus mengubah rencana dan ancang-ancang yang sudah disusun di tahun 2019. Saya juga tidak luput. Beberapa waktu lalu, saat saya sedang mengkhayal saya mempertanyakan kembali tentang cita-cita saya untuk menjadi penulis. Yang terpikirkan adalah "Mau jadi penulis, tapi kok gak pernah nulis." Selain itu muncul juga "Mau jadi penulis, kok ide diendapkan mulu alasannya." Beberapa pemikiran itu ada yang terbawa sampai ke alam mimpi, tapi ada juga yang sampai membuat tidak bisa tidur. Masa iya? :))

Iya, saya memang bercita-cita untuk menjadi penulis. setidaknya ada lah ya tulisan yang dipublikasikan, tapi saya selalu mentok di ide dan niat. ide yang saya pikir lebih baik dipendam dulu saja akhirnya tidak mewujud jadi apa-apa juga. Niat untuk melatih gaya tulisan dan daya pikir juga mentok karena mager dan alasan 'masih bisa besok'. Apakah memang harus menghadapi situasi kritis dulu, baru berlomba-lomba memaksimalkan potensi diri?

Akhirnya, terpikirkanlah nutuk membuat seri tulisan ini. Saya ingin berusaha disiplin untuk menghasilkan tulisan tentang pengalaman saya bekerja sejak tahúr 2012 lalu. Sudah 8 tahun ini saya bekerja, menghasilkan ide, menghasilkan uang, dan mendapatkan pertemanan. Akan tetapi, saya juga menemukan tantangan dari sana-sini. Iya, seperti kehidupan beberapa orang pada umumnya. Saya pun bertanya-tanya 'Apakah pengalaman yang saya dapatkan itu turut membentuk saya?' Memangnya saya pribadi seperti apa sih?

Saya pun mulai menelusuri dan membuka memori-memori yang tersimpan mengenai pengalaman dan pembelajaran yang saya alami selama saya bekerja. Saya menyebutnya sebagai seri 'lesson learned'. Kenapa? Karena saya ingin ini menjadi pengingat bagi saya dan juga menjadi pengingat bagi yang membaca tentang esensi pengalaman bekerja. Tulisan ini juga bisa bermanfaat bagi yang mau mencari pekerjaan. Sebentar lagi, saya akan memasuki lingkaran pencari kerja juga. :)

Pengalaman yang saya tuangkan dalam seri ini merupakan pengalaman pribadi dan sangat personal. Jadi, tidak ada standar tentang benar atau salah yang harus saya paksakan kepada orang lain ya.

Selamat membaca bagi teman-teman.
Selamat menelusuri memori-memori bagi saya.
Saya akan berusaha untuk menghasilkan satu tulisan setiap hari. Supaya jadi ada alasan nutuk mengumpulkan materi tulisan dan alasan untuk berpikir juga. Yaowoh.
Terima kasih!



Ende, Juni 2020
M

Komentar

Postingan Populer