Lesson Learned #1: Seekor ikan Nemo yang berusaha tetap berenang di tengah derasnya arus air laut

Sumber: National Geographic Channel

Pelajaran pertama yang saya dapatkan selama bekerja adalah sangat tidak mungkin untuk membuat perubahan. Apalagi memiliki status sebagai pekerja yang dibayar, digaji setiap bulan, dan kalau bersuara dianggap sebagai ketidaksetiaan.

Para pemilik usaha dan organisasi yang mempekerjakan orang lain, mungkin kalian harus ingat bahwa tidak semua karyawan itu bekerja untuk kalian. Motivasi mereka bekerja itu bermacam-macam. 

Ada yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Ada juga yang bekerja karena memiliki visi dan misi yang sama dengan yang dibawa oleh perusahaan atau organisasi. Tapi, ada juga karena tidak tahu harus ngapain.

Beberapa orang yang sempat saya ajak diskusi melontarkan kalimat seperti “Makanya, masuk dalam sistem aja, Mon. Supaya bisa membuat perubahan.”
Saya hanya menjawab dengan “Heilooooo….”

Sangat tidak mungkin untuk membuat perubahan seperti yang ada dalam cita-cita Anda, kalau anda masih berstatus seperti yang saya sebutkan di paragraf pertama.

Anda termasuk beruntung kalau masih diberikan kebebasan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara dan kreativitas sendiri, walaupun ujung-ujungnya harus menyesuaikan dengan nilai dan standar tempat Anda bekerja. 

Lah, bagaimana dengan orang-orang yang dituntut menjadi seperti kemauan perusahaan selama jam kerja itu? Belum lagi masih saja diganggu saat akhir minggu atau di luar jam kerja. Ya bablas anginee…


Ende, Juni 2020
M

Komentar

Postingan Populer