Lesson Learned #2: Pilihlah Untuk Menjadi Baik



Ada pepatah yang mengatakan “perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.” Pepatah ini juga cocok sekali di dalam dunia pekerjaan. Memperhatikan kesejahteraan orang-orang yang bekerja dengan kita mungkin terdengar seperti sebuah klise, tapi sebenarnya tidak. 

Berdasarkan pengalaman saya, ketika kita memperhatikan kesejahteraan dan hal-hal sederhana tentang rekan kerja kita, secara tidak langsung kita telah menunjukkan kesetiakawanan. Kesetiakawanan mungkin sudah jarang ditemukan di dunia kerja yang justru sarat dengan persaingan dan saling menjatuhkan. 

Orang-orang yang setiakawan mungkin jumlahnya lebih sedikit, tapi tidak apa-apa. Buah kesetiakawanan yang kita lakukan memang akan tumbuh lama. Well, kebaikan memang tidak akan berbuah dengan instan kan? Kita juga tidak pernah tahu permasalahan hidup yang dialami oleh rekan kerja kita. Oleh karena itu, perlakukanlah mereka dengan baik. 

Ada juga rekan kerja yang justru mengkhianati kita meskipun kita sudah menjadi rekan kerja yang setiakawan. Kita menyimpan rahasia mereka untuk diri sendiri, mendengarkan keluhan-keluhan mereka mengenai atasan dan pekerjaan, dan selalu mengharapkan yang terbaik untuk mereka. Akan tetapi, bisa saja kita akan tetap ditinggalkan. 

Pesan saya jangan berhenti untuk tetap baik. Kesannya sih seperti kurang kerjaan saja kan? Hahah… Betul itu. Dunia kerja memang mengkondisikan orang-orang untuk bersaing dan berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Tidak apa-apa. Tetaplah jadi rekan kerja yang baik. Tidak akan mudah sih, tapi pilihlah untuk menjadi baik.


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer