Lelaki-lelaki Tanpa Perempuan - Haruki Murakami

"Apa yang bisa kita lakukan terhadap orang yang sudah mati paling-paling adalah mengenang orang itu selama mungkin."  (Organ Mandiri, Haruki Murakami)

Kumpulan Cerpen alias kumcer ini saya selesaikan hari ini. Yeayy! Bertambah lagi karya Murakami Sensei yang sudan saya baca dan koleksi.

Kumcer 'Lelaki-lelaki Tanpa Perempuan' ini terdiri dari tujuh cerpen. Salah satunya sudah diangkat menjadi film yang berjudul 'Drive My Car'. Film itu juga berhasil meraih penghargaan di ajang Academy Award tahun ini. Saya juga sudah menonton filmnya.

Selagi membaca cerpen-cerpen yang ada di dalam buku ini, saya merasa sepeti deja vu. Beberapa ceritanya sangat familiar. Saya baca di mana ini dulu? Kelihatannya saya sudah perdah membaca cerita ini deh! Tapi, saat saya mencoba mengingat kembali, tidak terpikirkan di mana saya pernah membacanya. :D

Berikut saya ceritakan sedikit mengenai cerpen yang ada di dalam kumcer ini ya:

1. Drive My Car

Cerpen ini bercerita tentang seorang aktor teater paruh baya bernama Kafuku. Kafuku ditinggal mati bleh sang isteri karena kanker rahim. Kafuku mengetahui bahwa isterinya berselingkuh dengan beberapa pria semasa hidupnya. 

2. Yesterday

Cerpen ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Kitaru yang memiliki kecerdasan yang unik, tapi tidak lolos ujian masuk universitas favoritnya. Kitaru memutuskan untuk meninggalkan pacarnya untuk mengejar cita-citanya menjadi koki sushi di Amerika.

3. Organ Mandiri

Bercerita tentang seorang dokter bedah plastik paruh baya bernama Tokai yang perlahan-lahan membunuh dirinya sendiri karena patah hati.

4. Syahrazad

Kisah unik antara pemuda bernama Habara yang saya duga merupakan seorang tahanan rumah (?) dengan perempuan bernama Syahrazad, perempuan yang bertugas untuk menyelesaikan pekerjaan rumah Habara.

5. Kino

Pemilik bar bernama Kino yang bercerai dengan istrinya dan perjalanan aneh yang harus ia lalui untuk menerima luka dan sakit hati karena diselingkuhi oleh isterinya.

6. Samsa Jatuh Cinta

Terinspirasi dari tokoh Gregor Samsa dari karya Franz Kafka yang berjudul 'Metamorphosis'. Samsa yang baru kembali menyadari keberadaan dirinya sebagai manusia jatuh cinta kepada perempuan bongkok si tukang kunci.

7. Lelaki-lelaki Tanpa Perempuan

Bercerita tentang seorang pemuda yang kehilangan cinta pertamanya. Perempuan yang membuatnya memaknai cinta secara berbeda.

Benang merah dari ketujuh cerpen ini adalah cerita tentang sakit hati, kehilangan, dan kesendirian. Hidup lelaki-lelaki yang berubah dan berbeda karena perempuan-perempuan yang masuk ke dalam kehidupan mereka.

Seperti ciri khas Murakami Sensei di serial karyanya yang lain, saya diajak lagi untuk menerima kenyataan hidup yang pahit. Menerima dan menelannya.

Oiya, kalian juga akan menemukan hewan kesukaan Murakami Sensei di salah satu cerpennya. Tebak yang mana?

Selamat Membaca! :)

Komentar

Postingan Populer