The Body: Saatnya Berterima kasih Kepada Mikroba!

 

"Tubuh Anda adalah semesta misteri."

Kesan pertama saya mengenai buku ini menjadi kenyataan. Membaca judulnya saja sudah membuat saya tergelitik penasaran dan ternyata selama membacanya pun membuat saya terkesima.

Membaca buku ini memberikan referensi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya mengenai cara kerja tubuh manusia. Kenapa saya bisa hidup?

Semua unsur pembentuk tubuh kita memang didesain untuk hidup. Mulai dari sel, enzim, kelenjar, dan wujud2 renik lainnya itu memang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satu hal yang mengesankan buat saya adalah hal-hal keil renik itu hustru memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan.

Selagi saya menulis ulasan mengenai buku ini, saya juga diberitahu bahwa mikroba-mikroba yang ada di dalam tubuh saya pun sedang bekerja untuk membuat saya tetap ada dan melek. :D

Secara spesifikt, Blill Byers juga mengingatkan embaça etapa pentingnya mikroba di dalam tubuh kita. Kuman-kuman yang baik berperan besar membuat kita seperti kita sekarang ini. Sehari saja tanpa mikroba ini kita bisa mati.

"Kalaupun Anda salah urus, tubuh Anda tetap memelihara Anda."

Kupikir lagi ya, saya masih hidup sampai saat ini Karena unsur-unsur pembentuk tubuh saya ini juga masih mau hidup. Sel-sel di dalam darah saya masih bereplikasi, enzim di dalam proses pencernaan saya masih bekerja, bakteri baik yang ada di dalam hidung saya masih bekerja, dan oksigen masih bisa diproses di dalam sel darah merah saya.

Ajaib banget sih tubuh kita ini. Ajaib banget juga kehidupan ini masih berjalan. Ajaib!

Banyak penelitian-penelitian saintifik yang dituliskan di dalam buku ini. Misalnya, mengapa manusia perempuan melahirkan seperti yang ada sekarang ini, bagaimana kanker muncul, mengapa kita perlu tidur, bagaimana sel darah putih bekerja mengobati infeksi, bagaimana otak menerima sinyal dan mengirim respon ketika tubuh kita mengalami sakit, gatal, geli, atar nyaman, dan entah bagaimana kuman-kuman baik ini berkontribusi di dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari. Benar sih, tubuh kita dan hidup ini adalah semesta yang penuh misteri.

Salah satu bab yang sangat menarik perhatian saya adalah bab mengenai mikroba. Jadi, di tubuh kita ini terdapat sekitar 40.000 spesies mikroba. Mulai dari mikroba di kulit, mulut, sampai ke saluran pencernaan. Kalau dikumpulkan semua, mikroba ini beratnya bisa sampan 1,3 kg yang mana sama pengan berat otak kita. Kalau kata si penulis, kita adalah 99% bakteri. Setelah membaca buku ini, saya yakin pembaca akan memiliki pandangan yang berbeda mengenai bakteri dan kuman-kuman. :D

Selamat Membaca!


Komentar

Postingan Populer