Apakah Orang Sukses Punya Kriteria Khusus?

Apakah orang sukses memiliki karakter khusus yang tidak dimiliki oleh sebagian besar orang? Mengenai kesuksesan maupun kegagalan, setiap orang (katanya) punya jalan masing-masing. 

Saya yang tidak terlalu percaya dengan mitos seperti itu. Saya berpikir bahwa sukses maupun gagalnya seseorang itu ditentukan oleh dirinya sendiri.

Kalau masuk ke kelas motivasional mungkin mereka akan berkata bahwa sukses itu dimulai dari mindset atau cara berpikir. Masa iya? Apakah dengan mengafirmasi pikiran setiap hari dengan kalimat-kalimat sukses akan membantu kita menjadi orang sukses? Saya meragukan teori ini sih.

Ada orang yang sudah bekerja keras dan setengah mati, tapi dia belum mendapatkan yang setimpal dengan usahanya. Kalau memang masalah waktu, apakah semua orang akan sukses pada waktunya? Asalkan tetap bekerja dan berusaha?

Sebenarnya saya sedang mencurigai diri saya sendiri. Apakah saya memiliki kriteria menjadi orang sukses. Saya memang memiliki standar sukses sendiri. Salah satunya adalah memiliki kemerdekaan secara finansial. Saya tidak ingin menggantungkan kehidupan saya kepada orang lain. Tapi, di waktu yang sama saya juga berpikir bahwa saya bukan seorang pekerja keras yang pintar mencari uang. Apakah ini hanya alasan yang saya buat untuk diri saya sendiri?

Melihat diri saya belakangan ini yang tidak punya ambisi, sebenarnya kalau dipikir-pikir bisa membuat cemas. Apa yang akan saya lakukan berikutnya? Apakah saya harus segera bekerja supaya punya kegiatan dan tabungan lagi? Pekerjaan bidang apa yang saya inginkan?

Oh iya, sebenarnya saya sudah tahu bidang apa yang ingin saya geluti. Saya juga sudah bisa membayangkan diri saya sendiri ketika mengerjakan pekerjaan itu. Saya akan menguasai bidang itu dan melakukan yang terbaik seperti biasanya.

Saya adalah orang yang biasa-biasa saja. Tidak berusaha keras untuk menjadi apa pun, melainkan selalu mencoba untuk menjalani hidup apa adanya dan melakukan yang terbaik. Saya mungkin sedang bingung ingin memulai dari mana.

Bisa saja saya tidak memiliki kriteria menjadi orang sukses itu. Tapi, saya ingin menjadi sukses dengan versi saya sendiri. Bukan karena didikte oleh kriteria orang lain.

Mungkin semua orang punya hak untuk menjadi sukses dengan versinya masing-masing. Untuk siapa pun yang saat ini sedang berusaha dan tak kunjung berhasil, semoga bisa menemukan kebahagiaan sederhana di tengah-tengah usaha itu.

Komentar

Postingan Populer