Berkenalan dengan Detektif Kiyoshi! Yeay!

Belakangan ini saya sedang menggandrungi buku cerita misteri. Buku yang berisi teka-teki pembunuhan dan orang-orang yang terlibat di dalamnya, khususnya sang detektif. 

Saya jadi ingat potensi ini datang karena ketika kecil saya juga menyukai komik Detective Conan. Saya excited banget dan gak sabar dengan proses dia menyelesaikan dan memecahkan kasus-kasus.

Sebulan terakhir ini saya berkenalan dengan detektif baru dari buku cerita misteri yang ditulis oleh Soji Shimada. 

Saya baru membaca dua bukunya yang berjudul 'Murder in the Crooked House' dan 'The Tokyo Zodiac Murder'. Sambil menulis ini saya sembari berdoa dan berharap buku-buku seri detektifnya diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Mungkin saya juga bisa mencari terjemahan Bahasa Inggrisnya juga tida apa-apa sih.

Buku pertama yang saya baca adalah buku 'Murder in the Crooked House'. Setelah membaca buku ini, saya sangat terkesan dengan tokoh bernama Detektif Kiyoshi. Kiyoshi Mitarai. Seperti karakter tokoh unik pada umumnya, Detektif Kiyoshi begitu menarik perhatian saya. Sosoknya yang unik dan 'aneh' bagi sebagian besar manusia 'normal' tidak menjadi masalah baginya. Dia juga seorang peramal berdasarkan astrologi. Tinggal sebutkan tanggal lahirmu maka dia akan mdenyebutkan kebenaran tentang dirimu! Hal ini saya temukan di buku 'The Tokyo Zodiac Murder'.

Menurutku dia punya cara pandang yang unik dalam melihat setiap kasus yang ia tangani. Seringnya dia menyadari hal-hal kecil yang sering luput dari pandangan manusia biasa. Mungkin hal inilah yang menjadi kualitas bagi seorang detektif unik.

Saya juga salut banget dan terpesona dengan penulis buku, Soji Shimada Sensei yang bisa menciptakan karakter unik seperti Detektif Kiyoshi. Jenius!!

Saat membaca kedua buku ini, saya bisa membayangkan bisa berteman baik dengan si detektif ini. Saya pasti bersedia mendengarkan setiap ceritanya dengan sabar dan senang hati. Sama saja dengan sahabatnya yang bernama Kazumi Ishioka. Sahabat yang begitu sabar dengan tingkah-laku Detektif Kiyoshi. 

Kalau di cerita Barat, pasangan sahabat ini bisa disamakan dengan relasi Sherlock Holmes dengan dr. Watson. Lucunya, di buku 'The Tokyo Zodiac Murder' Detektif Kiyoshi justru mengkritik pertemanan mereka berdua. Detektif Kiyoshi juga mencerca Sherlock yang aneh dan seorang pecandu. Tapi akhirnya kita sadar bahwa manusia-manusia unik yang aneh seperti mereka ini juga manusia biasa yang punya masalah seperti manusia pada umumnya. 

Nah, kembali lagi ke Detektif Kiyoshi. Saya tidak tahu ya, tapi saya merasa lebih dekat dengan Detektif Kiyoshi ini dibandingkan dengan Sherlock Holmes. Apakah ini ada kaitannya dengan letak geografis? Bisa jadi kan?

Saya jadi ingat kutipan menarik dari Detektif Kiyoshi ini. Isinya kira-kira seperti ini,

"Kita cenderung fokus dan terbawa ke hal-hal yang kita anggap besar. Kita kedistrek olehnya. Tapi, sebenarnya kuncinya ada di hal kecil dan sering kita lewatkan."

"Sesuatu yang ribet itu sebenarnya dibangun dari dasar yang sederhana. Fokus saja pada hal dasar itu."

MY FAVE CHARACTER EVER!!!

Saya tentu saja merekomendasikan kedua buku ini untuk kalian para pecinta cerita misteri detektif. Sangat menghibur dan membuka wawasan. Kupikir otak saya juga menari-nari saat membaca buku ini. Seperti disihir. :D

Selamat Membaca!

Komentar

Postingan Populer