#12 16 Quotes Pilihan dari Buku 'The Stranger'

Membaca buku 'The Stranger' atau 'The Outsider' yang ditulis oleh Albert Camus selalu membaca saya kembali untuk memikirkan hakikat keberadaan diri. Sebagai manusia. Apa makna hidup yang sedang dijalani dan apa kita punya tujuan. Eksistensialisme membuat kita berpikir mengenai keberadaan diri di tengah hamparan semesta ini.

Berikut beberapa kutipan pilihan saya dari buku ini:

1. Dengan jujur bisa kukatakan bahwa aku sangat menyenangi ibuku -- tapi apakah hal itu banyak artinya?


2. Semua orang normal -- kataku menambahkan -- tentu memiliki perasaan akan berpisah dengan orang-orang yang dicintai berupa kematian pada suatu hari.


3. Ada sesuatu yang betul-betul membosankan aku pada akhir-akhir ini: kebiasaanku untuk berpikir seperti seorang merdeka.


4. Tapi akhirnya aku mengerti maksud larangan itu: perasaan kekurangan atau tidak memiliki sesuatu adalah juga bagian dari hukuman.


5. Sesungguhnya, menurut dia aku tidak mempunyai jika, tak ada perasaan-perasaan kemanusiaan padaku, juga tak ada padaku yang disebut kualitas-kualitas moral yang dipunyai oleh manusia normal.


6. Orang yang tanpa hati nurani, juga tidak meminta belas kasihan apa pun.


7. Tapi jelas, sesorang tidaklah akan terus-menerus dalam keadaan sadar dan memiliki akal sehat dalam mempertimbangkan sesuatu.


8. Satu soal lagi yang kusingkirkan dari aliran pikiranku adalah mendengar suara hatiku.


9. Aku takut mendengar suara hatiku.


10. Tak dapat kubayangkan bagaimana soal yang selalu merisaukan diriku selama ini bisa terhenti untuk selama-lamanya.


11. Tapi, kucoba menghibur diriku, walau bagaimanapun, sudah menjadi rahasia umum bahwa hidup itu bukanlah kehiduapan yang pantas dijalani.


12. Dalam arti luas, data kupahami hanya terdapat perbedaan kecil, apakah seseorang akan mati pada 30,60, atau 100 tahun, karena ada orang-orang lain -- perempuan dan laki-laki yang akan terus hidup dan dunia akan berputar pula seperti semula.


13. Dan mati -- tak dapat dipungkiri -- akan tetap terjadi juga. Terserah apakah aku akan mati sekarang atau 40 tahun yang akan datang


14. Sekali kau berdiri menantangnya, maka cara-cara bagaimana kau mati nanti jelas akan tidak punya arti lagi.


15. Suatu kehidupan yang dapat kuingat adalah kehidupan di atas dunia ini. Hanya kehidupan seperti itu yang kuinginkan.


16. Perbedaan macam apakah yang ingin didesakkan padaku tentang kematian atau tentang cinta seorang ibu, atau tentang Tuhannya.


Toba, Okt 21

M

Komentar

Postingan Populer