#9 Hubungan Cinta Ideal Ala Monik

Sumber foto: isorepublic.com

Beberapa waktu lalu, saya berdiskusi dengan seorang teman mengenai hubungan asmara yang ideal antara laki-laki dan perempuan. Sejak kecil saya sepertinya sudah ditanamkan ide tentang hubungan asmara ideal itu ya seperti Cinderella dengan Prince Charming itu. 

Sudah terlalu lama ide itu ditanam, maka saya juga membutuhkan waktu untuk meruntuhkannya. Dengan membaca buku, saya terbantu untuk berpikir kritis. Saya mempertanyakan kembali mengenai konsep hubungan antara laki-laki dan perempuan melalui pemikiran feminisme. 

Dasar berpikir saya adalah laki-laki dan perempuan idealnya setara, walaupun pada praktinya tidak ada yang ideal. Tapi, mungkin bisa diusahakan untuk saling mutual. Menguntungkan satu dan yang lainnya. Apakah jenis relasi ini terlaulu sulit untuk diwujudkan dalam kehidupan nyata? Saya tidak tahu juga sih. Saya pun pelan-pelan mempraktikkannya dalam relasi saya dengan laki-laki. 

Berikut lima ciri hubungan ideal antara laki-laki dan perempuan versi saya: 

1. Laki-laki bukan tuan untuk dilayani, tapi laki-laki dan perempuan punya kesepakatan bersama mengenai siapa melakukan apa.

2. Laki-laki bukan pelindung perempuan. Pada kenyataannya, lingkungan sekitar kita tidak ramah kepada perempuan. Akhirnya, mau tidak mau perempuan harus mencari perlindungan kepada sosok laki-laki.

3. Perempuan bisa menjadi pengambil keputusan di dalam relasinya. Nasib perempuan di dalam sustu relasi tidak berada di tangan laki-laki. Kalau mau putus, putuskan baik-baik. Apalagi kalau perempuan berada dalam sosisi terpojokkan dan mengalami kekerasan.

4. Laki-laki dan perempuan punya dukungan finansial satu sama lain. Dukungan dalam hal ini berarti laki-laki mampu memberikan support kepada perempuan saat tidak memiliki uang, demikian juga dengan perempuan bisa memberikan dukungan kepada laki-laki. Akan tetapi, sebaiknya masing2 berusaha untuk punya sokongan finansial masing-masing. Tidak memberatkan salah satu pihak.

5. Memberikan ruang seluas-luasnya untuk kehidupan masing-masing. Sebelum saling mengenal dan memiliki relasi, perempuan dan laki-laki memiliki kehidupan, pekerjaan, dan hobi. Setelah berelasi, mungkin ada baiknya laki-laki dan perempuan bisa memiliki ruang untuk diri mereka sendiri.

Beberapa ciri di atas mungkin terlalu ideal atau bahkan tidak ideal bagi beberapa orang. Tidak apa-apa. Akan tetapi, yang saya ingin garis bawahi adalah dalam setiap hubungan sebaiknya ada kesepakatan dan pembicaraan tentang apa pun yang menyangkut dua manusia itu.

Bagaimana menurutmu?

Komentar

Postingan Populer