#24 Memaki

Siapa di antara pembaca yang senang memaki?

Siapa di antara kalian yang dengan mudah mengekspresikan perasaan dengan makian?

Dulu saya sempat berpikir bahwa memaki adalah kebiasaan yang buruk dan merupakan 'dosa'. Kalau dipikir-pikir lagi sekarang dulu kok iya polos banget begitu? :) 

Semakin ke sini, saya bisa memaklumi orang yang mengungkapkan perasaan dengan makian. Misal Kalau lagi marah, kesal, sedih, bahkan ada juga yang mengucapkan kata makian saat sedang senang. 

Tontonan saya yang didominasi oleh tayangan dari Barat sana membuat referensi makian juga bertambah. Tapi, yang saya tangkap adalah makian-makian itu berguna untuk menyalurkan perasaan yang terpendam. Memendam perasaan, apalagi yang tidak enak itu sih seringnya merugikan diri sendiri. Keluarkan saja. Memaki adalah salah satu ekspresi emosi jiwa manusia.

Kalau saya sedang berada di lokasi baru, anak-anak yang saya temui suka memperkenalkan saya dengan kata makian yang sering digunakan di daerah tersebut. Seringnya sih berkaitan erat dengan alat kelamin. Entah mengapa sebagian besar makian yang ada (di dunia?) mengandung unsur kelamin. Apakah kelamin semenjijikkan itu? Apakah keberadaan kelamin adalah untuk melengkapi ekspresi jiwa manusia?

Dulu saya marah dan malu kalau mendengar orang lain memaki. Sekarang saya memaklumi mereka. Itu lah cara mereka mengekspresikan emosi. Tidak apa-apa. 

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, mengucapkan makian saat sedang marah sebenarnya membantu saya loh! Lebih lega. Seperti saluran air yang tadinya tersumbat dibuka kembali. Ada ekspresi emosi tertentu yang memang pas dengan cara memaki. Mungkin karena itu juga saya suka banget saat kata makian menjadi bagian percakapan sehari-hari di film-film yang saya tonton. Ada unsur humor di dalamnya. Tidak perlu serius-serius amat.

Momen yang pas untuk memaki yang pernah saya alami adalah ketika jempol saya kejepit kaki kursi atau ketika tulang kering terantuk kaki kasur. Nah loh! Langsung lah itu keluar. :)

Memaki mungkin tindakan tidak pantas bagi sebagian orang. Tidak apa-apa.

Kalau dengan memaki kalian bisa merasakan kelegaan dari keadaan emosi yang sedang tidak enak, lakukan saja. Tidak apa-apa.

Komentar

Postingan Populer