Lesson Learned #14: Makan Gaji Buta

Salah satu risiko pekerjaan yang dikendalikan oleh diri sendiri adalah akan ada masanya seolah-olah makan gaji buta. Tetap menerima gaji walaupun seringnya santai dan liburan. Hahah…

Pekerjaan yang saya geluti selama delapan tahun belakangan ini, 80% pekerjaan saya atur sendiri. Saya mengendalikan pembagian waktu dan pemakaian budget supaya efektif dan bisa mencapai target.

Tantangan terbesar dengan pekerjaan jenis begini adalah menjaga integritas. Tetap bekerja walaupun tidak diawasi. Tetap bekerja walaupun tidak harus melaporkan pekerjaan sehari-hari kepada supervisor.

Akan tetapi, saya sudah terbiasa untuk tetap melakukan yang terbaik sih. Ketiadaan supervisi atau pendampingan membuat saya terbiasa bekerja sendiri (yang saya sukai) dan juga terbiasa untuk mencari solusi dari persoalan-persoalan yang terjadi di lapangan.

Saat-saat sendirian tetap ada. Momen ketika saya membutuhkan dukungan juga ada. Motivasi saya untuk tetap mengerjakan tugas dan memenuhi target walaupun kerja sendirian adalah keengganan untuk makan gaji buta.

Siapa di sini yang suka makan gaji buta?
Aneh juga karena ternyata tidak nyaman juga sih kalau dibiarkan terus-menerus.


Ende, Juli 2020
M


Komentar

Postingan Populer