Lesson Learned #16: Mendapatkan Pekerjaan yang Mendukung Hobi

Iya benar sih. Tidak semua orang memiliki kesempatan emas untuk mendapatkan perkerjaan yang sesuai dengan hobi mereka. 

Tidak semua orang juga punya kesempatan untuk bekerja sambil bersenang-senang ya.

Beberapa pekerjaan yang saya geluti delapan tahun belakangan ini, untungnya mendukung saya untuk memaksimalkan hobi-hobi saya yang lainnya. 

Saya memiliki kesempatan untuk membaca buku dengan leluasa. Bertandang ke banyak tempat di Indonesia juga memberikan saya kesempatan untuk menemukan hal-hal baru di lapangan. Walaupun semakin ke sini, saya menyadari bahwa saya tidak terlalu menikmati mengobrol panjang lebar dan bertemu orang baru. Sudah kerasa banget ya umurnya? Hahah…

Untuk para pencari kerja, mungkin bisa menjadikan ini pertimbangan dalam menemukan pekerjaan baru kali ya? Carilah pekerjaan yang mendukungmu untuk mengerjakan hobi dan aktivitas menyenangkanmu lainnya.

Katanya sih, kegiatan-kegiatan sampingan setelah bekerja ini yang berperan besar dalam merawat kesehatan mental kita. Itu saya akui banget. 

Kalau saya tidak bisa menikmati membaca dan tidak punya waktu untuk melakukannya karena lingkungan pekerjaan yang tidak supportif, mungkin saya sudah cepat menyerah dan meninggalkan pekerjaan itu. Merawat kesehatan mental harus menjadi yang utama bagi kita semua. Setuju?

PS: Saya membuat tulisan ini tanpa menutup mata bahwa masih banyak para pekerja/karyawan yang berada dalam tekanan pekerjaan. Mereka yang bekerja demi orang-orang yang mereka kasihi akhirnya tidak punya pilihan untuk menyenangkan diri sendiri dan memaksimalkan hobi mereka.


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer