Lesson Learned #30: Bersenang-senang Bersama


Sumber: yourstory.com

Salah satu pelajaran penting yang saya dapatkan selama bekerja bersama tim adalah kesempatan yang kami gunakan untuk melakukan kegitatan yang menyenangkan bersama-sama. Menyediakan waktu berkualitas untuk menghabiskan waktu bersama sangat bermanfaat untuk meningkatkan chemistry, rasa percaya, dan kerja sama antar anggota tim.

Beberapa perusahaan megimplementasikannya dengan berbagai macam kegiatan outbond, outing, atau gathering sih. Kegiatan ini dinilai sangat penting untuk menyehatkan suasana kerja dan profesionalisme karyawan yang bertemu setiap hari. 

Menurut pemikiran saya, program seperti ini merupakan investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat bagi si pemberi kerja dan karyawannya. Kebersamaan yang teruji di saat-saat menyenangkan itu bisa meningkatkan kualitas performa anggota tim. Mungkin saya perlu mencari hasil penelitiannya kali ya?

Tapi, sebelum jauh mencari hasil penelitian, saya sendiri merasakan manfaat melakukan kegiatan bersama-sama ini loh! Saya dan teman-teman berinisiatif untuk melakukan kegiatan yang bersifat spontanitas sih biasanya. Misalnya, memasak bersama di akhir pekan. Kegiatan memasak dan makan bersama ini sangat berguna bagi kami masing-masing untuk saling mengenal maupun untuk saling menghibur.

Kebersamaan ini yang terbawa saat kami kembali ke suasana bekerja. Biasanya suasanya jadi lebih ramah dan vibe di antara kita pun jadi lebih cocok dengan kepribadian masing-masing. 

Mungkin karena saya memang lebih senang terlihat santai daripada serius, jadinya suasanya memasak bersama itu bisa terbawa saat bekerja. Akan tetapi, bukan berarti pekerjaan kami jadi sembarangan ya!

Kami santai tapi pekerjaan tetap selesai! :D

Jadi, bagi para pemberi kerja boleh lah berinvestasi untuk melakukan kegiatan fun ini bersama dengan karyawan atau tim. Investasi kalian ini mungkin tidak terlalu terasa hasilnya, tapi yakinlah ada nilai-nilai yang akan mengeratkan kalian di kemudian hari. 

Nilai inilah yang akan membuat tim punya alasan untuk bertahan lama. Ya kalau kalian memang mau mempertahankan mereka ya! :D


Ende, Juli 2020
M


*Yeayy!! Hari ini penuhlah 30 hari saya menulis satu tulisan setiap hari. Bisa juga ya!

Komentar

Postingan Populer