Lesson Learned #26: Bekerja Dengan Hati

Bagaimana sih ciri-ciri orang yang bekerja dengan hati? Kalau sudah berkaitan dengan hati maupun perasaan, seringnya klise bahkan terkesan baper alias bawa perasaan. 

Berikut ciri-ciri orang yang bekerja dengan hati berdasarkan pengamatan dan pengalaman belakangan ini:

1. Orang yang bekerja dengan hati tidak akan ragu untuk memberikan seluruh perhatiannya pada tugas yang menjadi tanggung-jawabnya. 

2. Orang yang bekerja dengan hati tidak peduli dengan hal-hal yang berpotensi menghambat konsentrasinya untuk menyelesaikan tugas. Drama-drama yang tidak penting akan dihindari sebisa mungkin.

3. Orang yang bekerja dengan hati akan memperhatikan keadaan orang-orang di sekitarnya. Dia tahu bahwa keberadaan orang-orang tersebut akan mempengaruhinya juga.

4. Orang yang bekerja dengan hati akan memastikan bahwa yang ia kerjakan akan memberikan manfaat bagi dirinya dan orang yang berada di sekitarnya.

5. Orang yang bekerja dengan hati akan melakukan usaha dua kali lipat bahkan lebih untuk mencapai tujuan yang telah disepakati

6. Orang yang bekerja dengan hati akan peka terhadap niat-niat orang lain yang kemungkinan melenceng dari kebaikan bersama

7. Orang yang bekerja dengan hati akan bekerja dengan cerdas dan kritis. Ia tidak akan mengerjakan tugas dalam ketidaktahuan atau bagai robot yang tidak perlu berpikir.

8. Orang yang bekerja dengan hati akan memikirkan keberlanjutan pekerjaannya untuk waktu yang lama. Ia tahu pekerjaan itu akan berumur panjang dan memberikan dampak walupun mungkin butuh waktu.

9. Orang yang bekerja dengan hati akan mengutamakan hati nuraninya. Ia akan mengerjakan dengan baik dan mendengarkan intuisinya.

10. Orang yang bekerja dengan hati akan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan benar.

Seiring bertambahnya pengalaman bekerja nantinya mungkin akan bertambah juga ciri-cirinya. Yang paling menonjol dari ciri bekerja dengan hati ini menurut pengalaman pribadi saya adalah menyelesaikan tanggung-jawab dengan benar. 

Hati menjadi tolak ukur. Kalau hatimu tenang setelah mengerjakan pekerjaanmu, maka kamu tidak perlu khawatir lagi. Setuju gak? :)

Bekerjalah dengan hatimu. Hasilnya akan berbeda kok, meskipun tidak diingat atau tidak diperhatikan oleh orang di sekitarmu. 

Segala sesuatu yang berasal dari hati yang baik dan tulus tidak akan hilang begitu saja. Tetap lakukan yang benar ya!
Semangat!


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer