Lesson Learned #6: Teman Jadi Rekan Kerja vs Rekan Kerja Jadi Teman

Ketika bekerja dengan orang lain, terdapat kemungkinan-kemungkinan untuk berkembangnya relasi di antara mereka. Ada yang menjadi kekasih, ada yang menjadi teman dekat, ada juga yang menjadi musuh bebuyutan. 

Konsekuensi mengerjakan pekerjaan yang sama dan bertemu hampir setiap hari menjadi pemantik untuk relasi-relasi di atas.

Teman yang menjadi rekan kerja maksud saya adalah tadinya kita merupakan teman di luar dan sebelum bekerja bersama-sama, sedangkan rekan kerja yang menjadi teman maksudnya adalah setelah menjadi rekan kerja kemudian menjalin pertemanan di luar ruang kerja.

Kalau melihat pengalaman saya selama delapan tahun belakangan ini, saya menyimpulkan bahwa rekan kerja berpotensi menjadi teman dibandingkan dengan teman yang menjadi rekan kerja. Ketika bersama rekan kerja, kita tidak memiliki referensi masa lalu mereka maupun cerita yang berkaitan dengan kita di masa lampau, sehingga kita merasa bebas untuk menjadi diri sendiri.

Teman yang menjadi rekan kerja mau tidak mau membawa cerita-cerita pertemanan ke ruang kerja, yang mana tidak selalu cocok untuk dibahas lagi di ruang yang sudah berbeda. Misalnya, ketika teman yang menjadi rekan kerja kita melakukan kesalahan, maka akan muncul alasan-alasan pertemanan untuk melonggarkan dan memaklumi kesalahan tersebut. Akhirnya, akan berdampak ke relasi sebagai rekan kerja. 

Untuk rekan kerja yang menjadi teman berpotensi lebih besar karena apabila cara kerja dan cara berpikir bisa saling menyesuaikan, potensi untuk menjadi teman menjadi lebih besar. Perhatian-perhatian yang diberikan tidak saja hanya sebagai rekan kerja, tetapi juga sebagai teman. 

Memiliki hobi yang sama menjadikan relasi pertemanan menjadi semakin mungkin. Misalnya, sama-sama menyukai drama korea. Selepas bekerja atau di sela-sela istirahat bisa membahas drama korea. Hal ini bisa bermanfaat untuk menguatkan chemistry sebagai rekan kerja. 

Ketika berada di ruang kerja, bisa saling berkomunikasi dengan baik karena sudah belajar dari pembahasan-pembahasan yang dilakukan di luar ruang kerja.


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer