Lesson Learned #9: Be the Leader, Not the Boss

" A boss knows everything
A leader admits mistake. 

A boss tells people what to do
A leader show how to do things

A boss criticises
A leader gives advice

A boss talks fast and gives orders
A leader gives direction

A boss demand respect
A leader earn and deserve respect

A boss rules with threats not law
A leader shows human kindness

A boss depend on hearsay
A leader investigate."

Berdasarkan pengalaman saya, tidak banyak pimpinan yang bertindak sebagai pemimpin. Kebanyakan mereka berlaku sebagai bos. Beruntunglah kalau bisa menemukan pimpinan yang bisa menjadi pemimpin dan mau menjadi pemimpin.

Kebaikan bekerja bersama orang-orang yang memiliki mental pemimpin adalah kita diberikan ruang dan kesempatan untuk bertumbuh. Kebutuhan kita diperhatikan dengan baik. Misalnya, kemampuan seperti apa yang perlu dikembangkan. Seorang pemimpin akan mendukung anggotanya untuk bertumbuh sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Memang sih lebih berat menjalankan tugas menjadi menjadi seorang pemimpin, dibandingkan sebagai bos. Pemimpin tidak akan menghisap darah karyawannya dan tidak juga mengeksploitasi mereka. Seorang bos hanya akan peduli kerjaan sudah selesai atau belum. Tidak peduli bagaimana cara timnya menyelesaikan pekerjaan itu.

Seorang pemimpin juga bersedia untuk menjadi mentor bagi rekan-rekannya. Seorang pemimpin mau menunjukkan cara dan juga jalan untuk mengerjakan sesuatu. 

Gimana, mau jadi pemimpin atau jadi bos? :D


Ende, Juli 2020
M












Komentar

Postingan Populer