Lesson Learned #17: Akui Kesuksesan Tim Kerjamu


Kalau tim kerjamu mengerjakan tugas dengan baik bahkan jauh melampaui target, apa yang akan kamu lakukan?
Biasa saja? Iri? Atau Memberikan selamat?

Katanya sih banyak juga dunia kerja yang mendukung persaingan tidak sehat di antara sesame karyawan. Hal ini didiamkan oleh para petinggi karena mereka ingin mencapai target yang sudah ditetapkan. Karyawan yang kompetitif memberikan peluang lebih besar untuk meraihnya.

Selama delapan tahun belakangan ini, untungnya pekerjaan saya tidak mengharuskan saya berlomba dan bersaing dengan rekan kerja yang lain. Saya juga memang tidak memiliki jiwa kompetisi yang menggebu-gebu. 

Biasanya kalau sudah terlalu banyak untuk memperebutkan suatu posisi atau barang, saya akan mundur dengan teratur. Anaknya terlalu santai memang ya?
Jangan ditiru. :D

Jadi, apa yang patut dilakukan apabila ada rekan kerja yang mengerjakan tugasnya dengan baik?

Ya semangatilah. Berikan selamat. Siapkan hadiah sederhana. Kalau perlu traktir makan makanan kesukaan mereka. Walaupun mungkin sederhana bagi sebagian orang, niat sederhana ini bisa semakin menanamkan loyalitas atau kesetiakawanan kepada rekan kerja kita. 

Mengapresiasi adalah salah satu kunci sukses relasi profesional seperti ini. Jangan apa-apa dianggap saingan gitu dong. Perasaan menyenangkan yang mereka rasakan dari niat kita akan mereka ingat dan menjadi warisan apabila mereka pindah atau berhenti bekerja dengan kita. 
Setuju gak?


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer