Lesson Learned #28: Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Sumber: eattoperform.com
Memiliki pekerjaan memang salah satu bentuk aktualisasi diri yang menjadi salah satu kebutuhan manusia. Ada orang yang bekerja untuk aktualisasi dan ada juga yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apapun alasan seseorang bekerja, mereka layak untuk bekerja dengan perasaan tenang dan senang gak sih?

Yang saya pelajari belakangan ini adalah mungkinkah memiliki pekerjaan yang bisa membuat tidur malam nyenyak. Salah satu ciri pekerjaan yang sudah mulai menjadi racun bagi kita adalah ketika kita tidak bisa tidur nyenyak dibuatnya. Bekerja idealnya bisa menjadi momen untuk memaksimalkan potensi diri, bukan untuk menganggu jam tidur kan? :D

Saya ingin memiliki pekerjaan yang membuat saya bisa tidur nyenyak di malam hari. Saya tidak perlu begadang, atau terbawa mimpi karena memikirkan pekerjaan yang belum selesai. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau bisa mempunyai pekerjaan yang tidak mengurangi jam tidur sehat kita.

Selain itu, tips untuk bekerja dengan maksimal tanpa harus mengganggu jam tidur adalah dengan menyelesaikannya di hari kerja dan tidak membawanya ke rumah atau ke tempat yang memang kita khususkan untuk diri sendiri.

Membuat batasan memang penting sih. Jam tidur yang terganggu akan berbahaya bagi tubuh kita apabila dibiarkan. Tapi, apakah semua orang mampu membuat batasan itu? Tidak. Saya tahu banyak orang juga yang berjuang sampai saat ini untuk mendapatkan pekerjaan dan juga yang tertekan untuk menyelesaikan tuntutan pekerjaannya dari hari ke hari.

Selamat berkerja!
Semoga tidur nyenyak di malam hari ya!


Ende, Juli 2020
M

Komentar

Postingan Populer